TINGKATKAN SDM, SATLINMAS BOBOSAN ADAKAN PELATIHAN DAN PEMBARETAN

TINGKATKAN SDM, SATLINMAS BOBOSAN ADAKAN PELATIHAN DAN PEMBARETAN

TINGKATKAN SDM, SATLINMAS BOBOSAN ADAKAN

PELATIHAN DAN PEMBARETAN

 

Bobosan, Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya bagi anggota Satlinmas, Pemerintah Kelurahan Bobosan melalui dana anggaran yang tersedia tahun 2023 melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pembaretan 40 anggota Satlinmas yang terdiri dari 38 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Hadir dalam acara ini Camat Purwokerto Utara Dra. Erny Indriastuti, M, M, Kapolsek Purwokerto Utara Margono, SH, M.M, Danramil (diwakilkan Babinsa), Pejabat Satpol PP Kabupaten Banyumas Bambang Mayhantono, S. Sos  dan petugas kesehatan dari Puskesmas Purwokerto Utara. Acara ini berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu hari Minggu tanggal 19 Maret dan Senin, 20 Maret 2023 bertempat di Aula Kelurahan Bobosan mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 01.30 WIB dengan nara sumber sebanyak 3 orang yang terdiri dari Babinsa Kelurahan Bobosan PELDA M. Bahrun, Bhabinkamtibmas AIPDA M. Saefurrohman, SH dan Kasi Binpot Wasdinmas Satpol PP Kabupaten Banyumas Bambang Mayhantono S. Sos dengan materi pelatihan Pelatihan PBB, Pelatihan Penanganan Tanggap Bencana dan pelatihan Dasar Bela Diri. Serta sosialisasi siap siaga Pemilu.

Disamping acara pelatihan juga diadakan pembaretan bagi anggota Satlinmas yang diawali dengan kegiatan jalan lintas batas (Jurit malam) dimulai pukul 23.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB dengan rute jalur jalan perbatasan sebelah selatan Kelurahan Kober, sebelah Timur Kelurahan Purwanegara, sebelah Utara Desa Beji dan sebelah Barat Desa Karangsalam dengan jarak tempuh sekitar 7 Km.

Dalam sambutannya Lurah Bobosan Bobosan Sugiarto, S. Sos menjelaskan “ Kegiatan pelatihan Anggota Satlinmas sudah direncanakan sebelum pandemi berlangsung, dan pada tahun 2023 ini baru dapat dilaksanakan sekaligus diadakan Pembaretan dengan tujuan memacu jiwa semangat korsa bagi kesolidan anggota Satlinmas sebagai garda pengaman terdepan bagi warga masyarakat”

Dalam kesempatan acara tersebut Camat Purwokerto Utara Dra. Erny Indriastuti, M, M memberikan pengarahan “ setelah diadakan acara Pengukuhan bagi anggota Satlinmas Kelurahan Bobosan hari Selasa tanggal 7 Februari 2023, kegiatan pelatihan dan pembaretan ini menjadi sangat relevan yaitu dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM Linmas mengingat tugas dan tanggungjawab dengan semakin meningkatnya pola kehidupan dan permasalahan di masyarakat yang semakin komplek”

Senada dengan Camat, Margono, SH, M.M selaku Kapolsek Purwokerto Utara menambahkan “ Satlinmas sebagai mitra kepolisian sangatlah penting untuk selalu berkoordinasi dalam sinergitas 3 pilar keamanan sehingga kondisi stabilitas keamanan dapat terjaga kondusif, hal ini dapat dilakukan bila anggota Satuan Tugas Linmas mempunyai daya mental dan pengetahuan serta fisik yang cukup kuat dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan penanganan permasalahan agar dapat diselesaikan sesuai dengan protap yang berlaku”

Menurut A. R Nurdintasari, salah seorang bidan Puskesmas yang ditugaskan di Kelurahan Bobosan berujar “mengingat sebagian usia anggota Satlinmas sudah cukup umur, maka guna menjaga segala kemungkinan yang terjadi sebelum acara pembaretan dimulai kami adakan  cek kesehatan terlebih dahulu agar diketahui kondisinya memungkinkan untuk mengikuti kegiatan jalan jurit malam atau harus istirahat” (Asta).

Related Posts

Komentar